Sabtu , 23 Oktober 2021

Kukerta UNRI 2021 memberikan cara pengembangan dan peningkatan produktivitas Jeruk kepada Petani di Desa Kuok Kampar

Kampar (khabarmetro.com) – Dosen pembimbing  beserta mahasiswa kukerta UNRI 2021 melaksanakan kegiatan pengabdian yaitu pemangkasan tanaman jeruk pada lahan petani di Desa Kuok sebagai pengembangan dan peningkatan produktivitas dari jeruk yang dilaksanakan pada Kamis 8 Juli 2021 yang lalu.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan bapak Yunandra,S.P.,M.Si bersama tim dosen pengabdian pertanian yaitu bapak Ir. Idwar, MS, Irfandri, S.P., M.Si, Pajri Ananta Yudha, SP., MP, ibu Yanti Nopiani, S.TP., M.Sc, Angga Pramana, S.P., M. Sc dan perwakilan dari PPL desa kuok beserta kelompok tani jeruk desa pulau belimbing.
Jeruk merupakan salah satu buah yang cukup digemari di dunia, terutama di Indonesia karna mengandung vitamin C yang tinggi serta mengandung vitamin, zat gizi, dan mineral. Namun dalam budidaya jeruk tersebut terdapat tantangan dan kendala yang menghambat keberhasilan produksinya baik dari segi biologis, fisik, dan lain-lain. Salah satu pencegahan dari masalah tersebut yaitu dengan pemangkasan.
Kegiatan diawali dengan pengarahan tentang tujuan dalam pemangkasan dan dilanjutkan dengan praktek pemangkasan pada salah satu tanaman jeruk mulai pengukuran tinggi tanaman yang akan dipangkas atau dipotong lalu dilakukan pengecetan pada bagian tersebut. Pemangkasan dilakukan sesuai kebutuhan untuk perkembangan permukaan tajuk.
Pemangkasan adalah suatu tindakan membuang sebagian dari bagian tanaman dengan maksud untuk menumbuhkan atau merangsang pembungaan dan pembuahan kearah yang dikehendaki. Pada tanaman jeruk, salah satu kesuksesan dalam usaha budidaya tergantung pada pemangkasan yang dilakukan.

Pemangkasan diperlukan untuk mengurangi kelembaban yang dapat menurunkan risiko serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Selain itu pemangkasan dapat merangsang tumbuhnya tunas-tunas produktif, dan menghilangkan tunas-tunas tidak produktif atau tunas-tunas yang mengarah ke dalam, memudahkan pemeliharaan tanaman serta membentuk tajuk pohon (tanaman muda). Sukses usaha budidaya tanaman jeruk salah satunya bergantung pada pemangkasan yang baik
Yunandra,S.P.,M.Si selaku salah satu dosen pembimbing mahasiswa kukerta mengatakan bahwa “Pemangkasan bertujuan untuk membentuk kerangka tanaman, mempercepat pertumbuhan, mengurangi serangan hama penyakit, dan untuk efesiensi unsur hara “
Selain dalam pemangkasan dosen juga mengarahkan untuk melakukan penggemburan tanah, pembuatan lubang sebagai pori-pori tanah untuk  memudahkan air masuk ke dalam tanah ,dan pemberian pupuk pada pohon jeruk. Hal ini agar pohon jeruk bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang manis. Dengan penggunaan pupuk organik akan meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kemampuan tanah mengikat air, meningkatkan pori-pori tanah, dan memperbaiki media perkembangan mikroba tanah sehingga tanah akan lebih subur.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas dari ieruk pada desa Kuok. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dosen pembimbing, mahasiswa kukerta, dan petani sekitar.(KM3)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *