Sabtu , 18 September 2021

Komisi II DPRD Kabupaten Meranti Meninjau Langsung Kondisi Pasar Modern Selatpanjang

 

MERANTI, (Khabarmetro.com)– Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan peninjauan langsung di Pasar Modern Selatpanjang. Pada Selasa (09/03/2021) pagi.

Dalam kunjungan tersebut, tampak hadir Sekretaris Komisi II At Taufiek, Anggota Komisi II DPRD Meranti Dedi Yuhara Lubis, H Atta, Tengku Mohd Nasir, serta Kabid Perdagangan Ade Suhartian dan lainnya. Tinjauan tersebut dalam rangka melihat langsung kondisi pasar modern di Jalan Pelabuhan.

Apalagi, sebelumnya ada insiden jatuhnya plafon di area pasar tersebut. Sekretaris Komisi II At – Taufiek dibuat kaget saat melihat kondisi pasar modern saat ini, pasalnya banyak infrastruktur yang ada di area diakuinya sudah tidak layak lagi.

“Kalau dilihat sekarang ini bukan pasar modern lagi, melainkan pasar tradisional. Banyak bagian bangunan yang kondisinya sudah tidak layak seperti plafon yang rusak hingga berjatuhan, keramik pecah-pecah,” terangnya.

Untuk itu dirinya berharap agar dinas terkait bisa sesegera mungkin membereskan, dibagian plafon dan juga lampu yang bergantungan, supaya tidak membahayakan baik itu pedagang maupun pembeli

“Kita harap dalam minggu-minggu ini sudah beres, dan itu akan kita pantau terus,” ungkapnya.
Sejauh ini, dikatakannya pihak DPRD Kepulauan Meranti melalui Komisi II DPRD Kepulauan Meranti sudah memberikan teguran kepada Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagprindkop-UKM) Kepulauan Meranti selaku dinas terkait.

“Sebelumnya juga kita sudah tekankan  bagaimana tanggung jawab kepada dinas terkait untuk segera menindak lanjuti masalah sarana dan operasi pasar,” ungkapnya.

“Walaupun pedagang ada yang susah diatur, namun bagaimana ketegasan pihak Dinas lagi untuk mengatur agar lebih teratur,” tambahnya.

Untuk itu dirinya berharap dinas terkait kedepannya agar lebih intens dalam meningkatkan kapasitas pasar, baik itu sarana dan prasarananya serta menertibkan pedagang-pedagang yang ada di pasar modern tersebut, baik itu yang dipinggir jalan atau di luar bangunan agar berjualan didalam pasar yang sudah dibuat.

“Jadi buat apa Pemerintah mahal-mahal membangun pasar ini, tapi tidak dimanfaatkan. Nantinya kita akan panggil dinas untuk rapat hearing terkait pasar ini,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kepulauan Meranti Dedi Yuhara Lubis mengatakan menyangkut keamanan yang ada di Pasar Modern tersebut juga perlu diperhatikan, pasalnya banyak keluhan para pedagang yang dirugikan akibat banyaknya barang dagangan yang hilang.

“Menyangkut keamanan, kita harapkan dapat diperhatikan. Untuk itu penjagaan keamanan di malam hari perlu diperhatikan juga, agar tidak ada lagi para pedagang yang kehilangan dan mengalami kerugian akibat barang dagangan hilang,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya berharap agar keamanan disekitaran area pasar perlu menjadi perhatian khusus dinas terkait, agar para pedagang yang menyimpan barang di gudang tidak hilang.

“Untuk itu, kita harap ada keamanan pasar perlu juga dan pembuatan gudang yang kokoh juga perlu di area pasar,” harapnya. Saat berada di Area Pasar Modern, salah seorang pedagang ikan mengakui sering kehilangan barang dagangannya saat menyimpan di gudang yang berada di area Pasar Modern tersebut.

“Sering kehilangan, baik itu barang dagangan maupun alat untuk berdagang, seperti timbangan, parang dan lainnya. Bahkan kemarin itu pernah juga kota amal hilang,” katanya.

“Kita harap adalah keamanan dimalam hari,” harapnya.
Disisi lain, Anggota DPRD Kepulauan Meranti H Atta mengatakan pihak Dinas Terkait perlu memperhatikan dan meningkatkan kebersihan di area Pasar Modern Selatpanjang.

“Kita minta kebersihan diarea pasar perlu juga ditingkatkan pihak Dinas terkait,” kata H Atta.
Sementara itu, dalam meningkatkan kapasitas pasar modern, Anggota DPRD Kepulauan Meranti T Mohd Nasir mengharapkan agar kedepannya pihak dinas terkait bisa lebih berkolaborasi dengan Komisi II DPRD Kepulauan Meranti.

“Kita harap dinas lebih aktif berkolaborasi dengan kita,” harap Ace. Selain itu, menanggapi saran dan masukan pihak DPRD Kepulauan Meranti melalui Komisi II, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Ade Suhartian mengatakan menanggapi masukan dari Komisi II DPRD Kepulauan Meranti.

“Insyallah, apa yang menjadi harapan bersama untuk meningkatkan kapasitas pasar, salah satunya infrastruktur pasar modern ini,” ungkap Ade.
Diakui Ade, Pihaknya akan secepat mungkin merealisasikan tanggapan yang diberikan pihak Komisi II DPRD Kepulauan Meranti.

“Secepatnya akan kita realisasikan. Mudah-mudahan ditahun 2021 ini sudah selesai kita buka seperti plafon dan lampu ini yang masih bergantungan, agar tidak lagi membahayakan,” terangnya. (Adv/dir)

 

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *