Senin , 3 Oktober 2022

Ini Dia, Kegiatan Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Limau Manis Airtiris Kabupaten Kampar

Peduli Stunting, Bagikan Ratusan Salad Buah Gratis

Mahasiswa Kukerta Unri saat membagikan salad buah di Kantor Desa Limaumanis, Kampar. 

LIMAUMANIS (Khabarmetro.com)- Dalam rangka menyukseskan program PENTING (Peduli Stunting) pada balita, sejumlah mahasiswa Kukerta Unri tahun 2022 di Desa Limau Manis, Airtiris, Kampar, membagikan ratusan salad buah gratis pada kegiatan posyandu bulanan. Kegiatan pada 4 Agustus 2022 itu, dipusatkan di kantor desa.

Sebelumnya, mahasiswa Kukerta Unri ini, juga sudah membagikan puluhan salad buah gratis pada kegiatan posyandu di Puskesmas Pembantu (Pustu), di Dusun Tiga Pulau Pandak, pun di Desa Limau Manis.

Seperti diketahui, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang anak balita akibat kekurangan gizi saat mereka dalam kandungan hingga dilahirkan. Kondisi stunting terlihat setelah balita berada di usia 2 tahun.

Nampak kegiatan pada 4 Agustus itu, mendapat respon positif dan antusiasme masyarakat. Ini bisa dilihat dari banyaknya warga yang hadir pada saat posyandu, yang dilaksanakan di hari Kamis tersebut.

Salad buah yang merupakan homemade dari mahasiswa Kukerta ini, dibagikan bersama biskuit berprotein yang tentunya bisa menunjang kesehatan balita di Desa Limaumanis.

Ketua Kukerta Unri Desa Limaumanis Andriyan Simbolon, dalam sambutannya menyebut, bahwa pemberian salad buah ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa gizi bagi anak itu sangat penting.

“Dengan buah-buahan yang segar dan sehat dapat menjadi olahan yang bisa dikonsumsi oleh anak. Harapan saya, semoga lewat pembagian salad ini bisa meningkatkan kesadaran serta kesehatan anak-anak di Desa Limaumanis, dalam memenuhi kebutuhan gizi anak dengan baik,” kata Andriyan.

Tak hanya itu, para mahasiswa ini juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi mengenai bahaya stunting, dan juga perilaku hidup bersih dan sehat bersama Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada ibu-ibu yang punya balita, bagaimana cara mencegah dan melindungi diri dari penyakit stunting dan hidup tidak sehat.

Selain sosialisasi, juga terdapat games yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu, tentang bagaimana cerminan hidup sehat yang lebih baik dan cara menyikapi jika mengalami gangguan kesehatan. Games berupa kuis yang dimainkan juga beragam, mulai dari pertanyaan mengenai ibu hamil dan menyusui, perkembang-biakan nyamuk, perilaku hidup bersih dan sehat, juga soal stunting. (Km1/rls)

Check Also

Pj Walikota Buka Pelatihan Peran Intelijen untuk FKDM se-Kota Pekanbaru

    PEKANBARU (khabarmetro.com)- Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Kamis (29/9) menggelar kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.