Jumat , 22 Oktober 2021

Hari Keluarga Nasional ke 28 Tahun di Peringati Secara Virtual

 

INHU (Khabarmetro.com)– Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara Virtual Selasa (29/06/2021), dihadiri Presiden RI Joko widodo yang diwakili oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin. Hadir juga dalam virtual tersebut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menko PMK, Muhadjir Effendi, Kepala BKKBN Pusat, Dr. Hasto wardoyo, Kepala BPOM Pusat, gubernur dan bupati/walikota seluruh indonesia.

Dari Provinsi Riau hadir Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M. Si, Ketua TP. PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar, Forkopimda Provinsi Riau, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dan bupati/ walikota se- provinsi Riau.

Untuk Kabupaten Inhu diikuti Plt Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Erlina Wahyuningsih, M.IP didampingi Sekretaris DPPKB, R. Mira Agusnul, Kepala bidang bagian KB, Basuki, kasi pelayanan KB, Erpinawati dan beberapa staf DPPKB bertempat diruang tunggu VIP lantai 4 Kantor Bupati Inhu.

Presiden RI dalam sambutan yang dibacakan Wapres Ma’ruf Amin menyatakan keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak baik itu dari segi Agama, pendidikan, ekonomi maupun pembinaan lingkungan.

Melalui acara Harganas ke 28 Tahun 2021 secara Virtual dengan mengusung tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” Presiden meminta pada BKKBN untuk dapat menurunkan tingkat stunting di Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan instansi terkait. Adapun untuk Pemda juga dapat berkoordinasi antar sektor dalam rangka meminimalisir anak stunting di daerah.

Selanjutnya Presiden Jokowi menambahkan dalam rangka memutus rantai Covid-19 hendaknya tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjalankan 5 M. “Saya harap pelayanan gizi pada anak tidak terhenti karena adanya pandemi Covid,” harapnya.

Presiden Jokowi juga menyambut baik program BKKBN Pusat seperti program vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-18 tahun dan pada ibu hamil dan menyusui.

Sementara itu Kepala BKKBN, Dr. Hasto Wardoyo menyatakan bahwa BKKBN diberikan amanah oleh Presiden dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. BKKBN juga bertugas menyiapkan calon ibu yang berkualitas dimulai dari mengawal ibu hamil sampai setelah anak lahir hingga seribu hari pertama anak. BKKBN juga telah melakukan pendataan keluarga mulai tanggal 1 April – 31 Mei 2021 di seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan Peringatan Harganas ke 28 Tahun 2021 secara virtual ini, BKKBN juga melunching vaksinasi covid-19 untuk wanita hamil/menyusui dan pada anak usia 12-18 tahun.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Riau, Drs. Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa tim PKK Provinsi Riau maupun TP.PKK kabupaten dan dunia usaha turut andil dalam mencegah anak stunting di provinsi Riau.

Diakhir acara gubernur bersama ketua tim PKK Provinsi Riau memberikan piagam penghargaan kepada pasangan bapak Wisarmi dan Ibu Desi Hariani sebagai pemenang terbaik pertama penilaian KB Lestari dan selanjutnya acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh gubernur didampingi ketua TP.PKK Provinsi Riau. (km4)

Check Also

DPC AWI Kepulauan Meranti Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah

MERANTI (khabarmetro.com) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia (DPC-AWI) Kabupaten Kepulauan Meranti M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *