Sabtu , 18 Mei 2024

H Syamsuar Dinobatkan sebagai “Gubernur Sawit Indonesia”

Terima ‘Sawit Indonesia Award 2023’, Syamsuar: Ekonomi Riau Semakin Baik

Nama H Syamsuar dipanggil menerima award ‘Gubernur Sawit Indonesia’.

JAKARTA (Khabarmetro.com)- Gubernur Riau periode 2019-2023 dinobatkan sebagai “Gubernur Sawit Indonesia”. Pengumuman itu disampaikan pada acara ‘Sawit Indonesia Award 2023’ di Jakarta, Rabu pagi (20/12/2023).

Kepada redaksi khabarmetro.com, H Syamsuar menyampaikan rasa terimakasih dan bangga. “Saya, Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada Majalah Sawit Indonesia yang telah memberikan penghargaan kepada saya sebagai Gubernur Sawit Indonesia,” kata Syamsuar.

Dalam video singkatnya, H Syamsuar juga meyakini bahwa award itu dia terima karena semasa menjadi Gubernur Riau, periode 2019-2023, telah banyak kebijakan yang dibuatnya untuk memajukan ekonomi Riau dari sawit. Semua itu ia lakukan, bertujuan untuk memajukan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Riau.

Ia berharap, agar kedepan kondisi baik seperti ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Ekonomi Riau sangat bergantung kepada harga sawit, sebagai komoditi utama. Karena itu, diharapkan ini bisa memajukan ekonomi petani sawit dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau,” ujar Syamsuar.

Seperti dikutip dari salah satu media online, sawitsetara.com, salah satu kategori dari Sawit Indonesia Award 2023 adalah “Gubernur Sawit Indonesia”. Sebanyak 22 provinsi sawit Indonesia telah diadakan wawancara kepada petani sawit dan korporasi tentang Gubernur mana yang paling care/peduli terhadap sawit di provinsi masing-masing.

Adapun indikator dari kriteria nominasi Sawit Indonesia Award 2023 di kategori Gubernur Sawit Indonesia antara lain (1) Regulasi yang diterbitkan yang membantu ekonomi daerah terkait hulu – hilir sawit, (2) Gubernur yang memposisikan petani sawit sebagai mitra strategis ekonomi daerah terkhusus dalam revisi Permentan 01 2018 dan revisi Perpres ISPO, (3) Gubernur yang menjadi Pendorong diterbitkannya Permenkeu tentang DBH sawit, (4) Gubernur yang berhasil menekan karhutla dan banjir sebagai dampak perubahan iklim global, (5) Gubernur yang memiliki komunikasi yang serasi antara APH (Kejati, Kapolda, Danrem) terkait Kamtibmas untuk Investasi industri sawit, (6) Gubernur yang paling intens berkomunikasi ke Kementerian/L terkait sawit, (7) Provinsi Sawit dari 22 provinsi yang paling sedikit aksi demo terkait sawit dan (8) Gubernur yang paling sering tampil di media membicarakan sawit baik.

Dari kriteria tersebut, diketahui, terdapat 5 besar Gubernur dengan suara terbanyak. Dari hasil akhir dan pengumuman yang disampaikan, Drs H Syamsuar MSi (Gubernur Riau periode 2019-2023) terpilih menerima penghargaan sebagai “Gubernur Sawit Indonesia”.

Ketua Panitia Sawit Indonesia Award 2023, Qayuum Amri, kepada media menjelaskan bahwa H Syamsuar masuk nominasi teratas untuk peraih kategori Gubernur Sawit Indonesia.

“Tunggu kejutannya tanggal 20 Desember, untuk tahu peraih kategori Gubernur Sawit Indonesia,” ujar Qayuum, sebelum award diumumkan. Qayuum juga Pemimpin Redaksi Majalah Sawit Indonesia dan sawitindonesia.com.

Pada kesempatan itu, Qayuum mengakui, bahwa selama menjabat Gubernur Riau periode 2019-2023, H Syamsuar sudah banyak melakukan terobosan-terobosan. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi petani sawit di Provinsi Riau.

“Dan, yang sangat mencengangkan adalah masuknya petani sawit swadaya dalam daftar penetapan harga TBS tiap minggu dengan kelompok mitra swadaya,” ujar Qayuum yang menyelesaikan pelatihan jurnalistik di Wee Kim Wee School of Communication and Information, Singapura.

Menurutnya dari 22 Provinsi Sawit, hanya di Riau yang ada penetapan Disbun untuk Petani Sawit Swadaya dan hal ini telah menaikkan rating Riau sebagai Provinsi Ramah Sawit Indonesia. Atas award yang diterima H Syamsuar, Qayuum juga mengucapkan selamat. (Km1/irg/int)

Check Also

Pemkab Rohil Anggarkan Tunjangan PPPK 1 Juta Perbulan

BAGANSIAPIAPI -Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SI.p, MS.i, menyetujui usulan para Pegawai Pemerintah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *