Sabtu , 18 Mei 2024

Membanggakan, Golkar Riau Raih Peringkat Pertama Anugerah “KI Riau Award 2023”

Capaian Meningkat, Syamsuar: Golkar Semakin Jadi Partai Politik Terbuka

Sekretaris KI Riau Sri Mekka menyarahkan Award kepada Ketua DPD I Golkar Riau yang diwakili Bendahara Hj Nuraini. 

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Partai Golkar Riau berhasil meraih peringkat pertama Komisi Informasi (KI) Award 2023. Predikat yang diberikan, yakni Menuju Informatif dengan nilai 86,95 poin. Tahun lalu, Golkar Riau di peringkat kedua.

Pengumuman dan penyerahan award ini dilakukan pada malam Anugerah KI Riau Award 2023. Helat tahunan bergengsi dan sangat ditunggu oleh lembaga publik ini, dihelat di Balai Serindit Gubernuran Riau, Kamis malam (21/12/2023).

Ketua DPD I Golkar Riau H Syamsuar sebagai penerima KI Riau Award, diwakili oleh Bendahara DPD I Golkar Riau Hj Nuraini. Juga hadir Wakil Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Erna Willianti dan Sekretaris MPO Khairul Amri beserta Pengurus MPO Erhan Ardianda.

Atas prestasi ini, H Syamsuar mengucapkan selamat kepada Bidang MPO DPD I Golkar Riau yang juga sebagai pelaksana PPID (Pejabat Pengelola Informasi Publik) di DPD I Golkar Riau. Ia berharap, agar prestasi ini bisa dipertahankan dan award ini sebagai bukti bahwa Golkar adalah partai politik yang sangat menjunjung keterbukaan informasi publik di Provinsi Riau, Bumi Lancang Kuning.

“Saya ucapkan selamat kepada Bidang MPO dan PPID Golkar Riau. Terima kasih kami juga kepada Komisi Informasi (KI) Riau atas anugerah yang diberikan. Tentu ini menjadi penyemangat bagi Golkar Riau, dan akan kami pertahankan. Golkar akan semakin terbuka memberikan informasi kepada publik yang memerlukan informasi,” kata Syamsuar, mantan Gubernur Riau 2019-2023.

Malam penyerahan anugerah KI Award 2023 ini ramai dihadiri para penerima award. Para bupati/wali kota, para pemimpin instansi vertikal dan BUMN serta BUMD di Riau, termasuk juga pihak sekolah dan perguruan tinggi serta lembaga publik lain seperti KPUD dan Bawaslu kabupaten/kota.

Ketua KI Riau H Zufra Irwan beserta jajaran Komisioner KI Riau nampak mengenakan batik Riau warna cerah. Zufra duduk satu meja dengan Gubri, Ketua KI Pusat, Kapolda Riau dan Ketua Komisi I DPRD Riau.

Selain award kepada berbagai pihak, juga tahun ini diberikan award berupa Achievement Award KI kepada tokoh Riau. Di antara penerima, adalah Gubri H Edy Natar dan Kapolda Riau Irjen M Iqbal. Juga ada Kadis Kominfo Riau H Erisman Yahya dan Ketua Komisi I DPRD Riau H Edy M Yatim.

Dalam sambutannya, Gubri Edy Natar mengapresiasi Anugerah KI Award itu. Menurutnya, cara ini adalah salah satu upaya untuk mendorong lembaga-lembaga publik agar lebih terbuka memberikan informasi ke publik. Ia juga menekankan, sudah semestinya tidak ada lagi instansi/lembaga yang tidak mengutamakan keterbukaan informasi.

“Ada informasi yang bisa kita buka ke publik. Ada juga yang tidak serta merta bisa dibuka. Dengan adanya pemahaman dan informasi dari KI Riau seperti ini, tentu indeks keterbukaan informasi publik Provinsi Riau akan terus semakin baik. Selamat kepada pihak yang menerima award. Bagi yang lain, semoga terus berupaya agar di tahun mendatang bisa ikut pula berprestasi,” kata Gubri.

Sementara itu, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro yang langsung hadir, dalam sambutannya menekankan perlunya keterbukaan informasi publik ini. Ia juga senang, Provinsi Riau bisa terus berbenah dan semakin baik dari segi keterbukaan informasi publik.

Kepada Gubernur Riau, Donny berharap bisa terus mendorong semua lembaga/instansi pemerintah maupun BUMD di Riau untuk semakin terbuka. Karena keterbukaan informasi publik ini, kata Donny, dilindungi oleh Undang-undang. Riau, kata dia, pasti bisa semakin baik di bidang keterbukaan informasi publik. (Km1/irg)

Check Also

Pemkab Rohil Anggarkan Tunjangan PPPK 1 Juta Perbulan

BAGANSIAPIAPI -Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SI.p, MS.i, menyetujui usulan para Pegawai Pemerintah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *