Kamis , 27 Januari 2022

Firdaus: Bukitraya akan Ditetapkan Sebagai Daerah Central Budidaya Ikan

Dari RW 7 Ini, Harus Meningkat ke Kelurahan Lainnya

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT didampingi Plt Kadis Pertanian dan perikanan drh H Firdaus, Kabid Perkinan Zulfan Efendi, camat, penyuluh dan ketua Kelompok ikan fose bersama saat kunjungan ke riset centre budidaya Ikan Binaan Hj Sri Rubianti, Sabtu (13/11).

PEKANBARU (khabarmetro.com)- Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, MT, Sabtu (13/11) melakukan kunjungan kerja ke beberapa tempat usaha berbasis kerakyatan di Kota Pekanbaru. Diantara tempat dikunjungi Kebun Kurma dantempat riset center pengembangan dan pendederan budidaya ikan Binaan Anggota DPRD Pekanbaru Hj Sri Rubianti Jalan Kesehatan, RW 7 Kelurahan Airdingin Pekanbaru.

Walikota sampai di lokasi riset centre sekitar pukul 13.00 Wib didampingi Plt Kadis Pertanian dan Perikanan Pemko Pekanbaru, drh H Firdaus dan Kabid Perikanan  Zulfan Effendi SPT dan Camat Bukitraya.

Begitu sampai di lokasi orang nomor satu di Pemko Pekanbaru itu langsung meninjau tempat pembibitan dan benih ikan dan berdialog dengan ketua kelompok ikan baik binaan Hj Sri Rubianti dan kelompok tani ikan lainnya yang ada di Jalan Kesehatan tersebut.

Walikota Firdaus sangat salut dan bangga dengan para petani ikan yang tergabung dalam kelompok ikan Jalan Kesehatan yang terus berkreasi dan melahirkan ide-ide serta berusaha untuk produktif walaupun kondisi terbatas dengan memanfaat lokasi pakarangan yang terbatas.

Pemko Pekanbaru sangat mengapresisi hal tersebut, bahkan sebelum pandemi covid 19 mewabah, priode kedua pasangan Firdaus -Ayat merencanakan akan memberikan rumah gratis dengan tipe 36 dengan cicilan Rp900 ribu dengan cara membangun 4 unit kolom bioplock setiap perumahan tersebut dan bisa mengansur cicilan rumah serta menghidupi keluarga tersebut.

“Kalau ini terwujud, dengan 4 kolom bioplock, bisa tu membayar cicilan rumah dan menopang kehidupan. Dan kita siap pemasarannya dan industri hilirnya,” papar Firdaus.

Makanya, setelah mendengar laporan tentang kolom sistem bioplock, walikota optimis dan usaha masuk akal dapat mensejahterkan anggota dan ini juga termasuk dan sangat cocok dalan program Kota Pekanbaru Metropolitan Madani yang berbasis ekonomi kerakyatan yang berasal dari rumah tangga dalam masyarakat.

” Alhamdulillah masyarakat kota Pekanbaru sudah cerdas dan kreatif serta mandiri yang dibuktikan lahirnya tempat central yang produkitif. Tadi, sebelum kesini, saya mengunjungi central kebun kurma di Panam. Sekarang di Kecamatan Bukitraya meninjau centra usaha ikan, sunggu luar biasa ini,” papar Walikota.

Untuk itu, melihat potensi dan kreativitas luar biasa masyarakat Bukitraya ini dengan dipelopori RW 7 dan RW 6 Kelurahan Airdingin ini , Kecamatan akan ditetap menjadi sentra atau kampung ikan.

“Saya berharap Kadis Pertanian dan Camat Bukitraya agar selalu berkoordinasi, bagaimana mewujudkan daerah ini menjadi kampung Ikan. Nanti kita akan tetapkan dan diperkuat Perda atau Perwako nantinya,” papar Firdaus.

Menurutnya, sesuai gagasannya Firdaus-ayat, Pemberdayaan ekonomi Berbasis Rukun Warga (PMBRW) yakni membentuk kelompok kelompok dan menciptakan masyarakat cerdas kreatif, seperti ini lah yang dimaksud. Karena sektor petanian perkotaan itu dalam harus artian luas, perikanan, holtikultura, perkebunan serta usaha lainnya dengan memanfaatan lahan terbatas dengan hasil maksimal.
” Untuk melahirkan itu tentu melaui tangan-tangan kreatif dan inovatif,” beber Firdaus.

Sementara itu, ketua Relasi, Syafrizal mewakili dan atas nama anggota DPRD Pekanbaru Hj Sri Rubianti dan Pembina H Dedi Yasmono MSi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Walikota tersebut dan sangat mengharapkan dukungan Pemko Pekanbaru dalam membina dan bantuan laiinya untuk kelompok petani ikan yang tergabung dalam relasi.

“Kebetulan Buk Hj sri Rubianti dan ketua Pembina Relasi sedang di luar kota pak wali. Terima kasih kunjungannya dan mohon dukungan dan bantuan Pemko agar kelompok lebih berdaya lagi,” sebut Syafrizal. (km2)

Check Also

Fokus Untuk Kemajuan Desa & Kemakmuran Masyarakat Batang Kumu

Rokan Hulu – Pelantikan Kepala Desa (Kades) Terpilih serta Para Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *