Jumat , 12 Agustus 2022

Dua Atlet NPC Kampar Harumkan Nama Riau dan Indonesia di Asean Para Games 2022

Rebut Medali Emas di Cabor Pararenang

Gubri H Syamsuar (tengah) berbincang dengan para perenang, salah satunya Rino Saputra (kanan). 

SOLO (Khabarmetro.com)- Asian Para Games XI (APG 2022) dihelat di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Di ajang internasional ini, dua atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Kampar, Riau, menorehkan prestasi luar biasa membanggakan.

Dari situs resmi APG 2022, diperoleh informasi, atlet NPC Kampar ini, yakni Zaki Zulkarnein dan Rino Saputra memperkuat tim Indonesia pada cabang olahraga (Cabor) Pararenang. Keduanya merebut medali emas, masing-masing pada nomor pertandingan 100 m gaya bebas putra S8 dan S9.

Perenang Zaki Zulkarnain, menjadi wakil Indonesia yang sukses mempersembahkan emas pada nomor pertandingan 100 m gaya bebas putra S8. Beradu cepat dengan 6 perenang lainnya di Kolam Renang Jatidiri, Semarang, Zaki berhasil keluar sebagai yang tercepat.

Zaki mengamankan emas untuk Indonesia setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 3,50 detik, lebih cepat 2,03 detik dari wakil Thailand Patchara Singhmanon yang harus puas finis di posisi kedua.Perenang Vietnam Thanh Dat Pham melengkapi posisi tiga besar. Dia berhasil mengamankan perunggu setelah finis dengan catatan waktu 1 menit 7,20 detik.

Sedangkan di nomor pertandingan 100 m gaya bebas putra S9, perenang Indonesia Rino Saputra berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 4,720 detik dan berhak atas medali emas.

Medali Perak berhasil diraih wakil Vietnam Ngoc Thiet Nguyen, dia menyelesaikan perlombaan dengan waktu 1 menit 6,50 detik. Lalu untuk medali Perunggu, direbut oleah Nantawat Ropkob (Thailand) dia finis dengan catatan waktu 1 menit 7,36 detik.

Zaki Zulkarnain saat menerima medali emas di ajang APG 2022. 

Membanggakan NPC Kampar

Ketua NPC Kampar Zulkifli Zakaria, yang kebetulan juga ikut menjadi rombongan APG 2022 menyampaikan rasa senangnya. Dua medali emas yang diraih ini sangat membanggakan.

“Ini prestasi yang ditorehkan Rino Saputra dan Zaki Zulkarnain sangat membanggakan NPC Kampar. Kami bangga dengan mereka. Terima kasih Rino dan Zaki, teruslah berprestasi,” kata Zulkifli via telepon.

Dikatakan Zulkifli, prestasi demi prestasi yang diraih para atlet NPC Kampar tidak lepas dari pembinaan yang rutin dilakukan. Para atlet pun selalu bersemangat berlatih, dan akhirnya meraih prestasi yang membanggakan.

“Keduanya adalah putra asli Desa Limau Manis, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Pastinya keluarga Rino dan Zaki di kampung akan sangat bangga dengan prestasi di ajang APG 2022 ini,” kata Zulkifli.

Prestasi ini, lanjut Zul, yang juga ASN di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau itu, dipersembahkan untuk mengharumkan nama Kampar dan Provinsi Riau. Semoga akan terus membanggakan dan memberikan yang terbaik untuk negeri Melayu. (Km1/net)

Check Also

Ini Dia, Kegiatan Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Limau Manis Airtiris Kabupaten Kampar

Peduli Stunting, Bagikan Ratusan Salad Buah Gratis Mahasiswa Kukerta Unri saat membagikan salad buah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.