Sabtu , 18 Mei 2024

DPRD Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan (MoU) Rancangan KUA dan Rancangan PPAS APBD Kampar Anggaran 2024

 

 

BANGKINANG–Pj Bupati Kampar dan ketua DPRD Kampar menandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024
Bangkinang Kota (khabarmetro/com) – Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus,SE,MM dan Pimpinan DPRD Kabupaten Kampar menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) Rancangan KUA dan Rancangan PPAS APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2024.
Penandatangan Nota Tersebut berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kampar yang disaksikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kampar, Forkopimda serta Insan Pers, yang dilaksanakan di Gedung Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kampar, Senin (31/7/2023).
Dalam Sambutannya Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus, SE, MM menyampaikan proses penyusunan APBD di mulai dari proses perancanaan dan proses penganggaran. Proses perencenaan telah dilalui, selanjutnya proses penganggaran yang dimulai dari kebijakan umum APBD KUA dan PPAS yang telah disepakati pada hari tersebut.
Ia menambahkan pendapatan daerah Kabupaten Kampar tahun 2024 dalam rancangan KUA dan PPAS direncanakan sebesar Rp. 2.130.481.158.592 yang terdiri dari PAD sebesar Rp. 284.235.363.660, dan dana transfer sebesar Rp. 1. 846.245.794.932. Pada pembahasan terjadi peningkatan target PAD sebesar Rp.6.000.000.000, sehingga pendapatan daerah menjadi Rp. 2.136.481.158.592.
“Penambahan pendapatan daerah tersebut secara lansung menambah terhadap target dan indikator program dan kegiatan. Untuk itu penambahan belanja terjadi akibat penambahan pendapatan diarahkan untuk pendidikan, kesehatan dan infrastruktur daerah,” tambah Pj Bupati Kampar.
Selanjutnya Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus mengingatkan untuk seluruh Kepala OPD yang mempunyai tugas dalam menggali potensi daerah untuk peningkatan PAD agar membuat langkah strategis dan terukur dalam menggali potensi PAD di kabupaten kampar ini.
Pj Bupati Kampar juga mrnyampaikan terkait Pelaksanaan Prmilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 secara serentak di seluruh indonesia. Ia mengatakan pendanaan kegiatan pilkada tersebut menjadi salah satu prioritas belanja yang menjadi perhatian pemerintah daerah.
“Untuk mendukung kegiatan tersebut, pada KUA dan PPAS RAPBD tahun 2024 dianggarkan belanja kegiatan yang mendukung Pilkada melalui opd terkait, Kesbangpol dan Satpol – PP, dan untuk mendukung fungsi KPU Kabupaten Kampar selaku penyelenggara, Bawaslu sebagai pengawas serta TNI Polri untuk keamanan telah di alokasikan anggaran pada Bakesbangpol berupa belanja hibah,” ujarnya.
Dana untuk Hibah kepada KPU dan Bawaslu tahun 2024 di anggarkan sebesar 60% dari NPHD yang disepakati sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendagri No 54 tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 41 tahun 2020,” terang Pj Bupati Muhammad Firdaus. (advertorial/her)

 

Check Also

Pemkab Rohil Anggarkan Tunjangan PPPK 1 Juta Perbulan

BAGANSIAPIAPI -Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SI.p, MS.i, menyetujui usulan para Pegawai Pemerintah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *