Sabtu , 23 Oktober 2021

Diperingati Secara Sederhana

Milad Ke-237 Tahun Pekanbaru

Walikota Pekanbaru,  Dr Firdaus ST MT memotong nasi tumpeng pada peringatan HUT ke- 237 Kota Pekanbaru di kantor Walikota Tenayan,  Senin (23/5)

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke-237 tahun, berlangsung secara virtual. Puncak kegiatan berlangsung di Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (23/6). Wali Kota Pekanbaru Firdaus memimpin langsung prosesi peringatan hari jadi Kota Pekanbaru secara virtual. Tamu yang hadir terbatas dan dihadiri forkopimda kota dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sedangkan lurah dan camat mengikutinya melalui Zoom meeting di kantor masingmasing.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemutaran video terkait perjalanandan pembangunan 10 tahun kepemimpinan Wali Kota Pekanbaru. Kegiatan ini berlangsung secara sederhana. Puncak perayaan hari jadi ditandai dengan pemotongan tumpeng. Firdaus saat itu didampingi bersama unsur Forkopimda menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Asisten II Setdako Pekanbaru, El Syabrina.

”Kegiatan perayaan hari jadi
Kota Pekanbaru ini berlangsung secara virtual untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat,”kata Firdaus.

Dirinya memastikan proses pengaturan lokasi sudah sesuai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid- 19. Para harus memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Ia mengungkapkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan pada momen hari jadi Kota Pekanbaru. Seperti ajang kejuaraan panahan Piala Wali Kota Pekanbaru.
Kemudian lomba yang mengajak kawula muda berkreasi. Satu di antaranya lomba membuat
twibbon Hari Jadi Kota Pekanbaru menambah semarak HUT di media sosial.

Panitia penyelenggara juga menggelar vaksinasi massal bagi 2.370 orang masyarakat di sekitar Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya. Ada juga penanaman pohon di areal perkantoran. ”Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat. Membangun daerah,  pemerintah tidak bisa sendiri. Ini peranan bersama sama dunia usaha
masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

Ceritakan Sejarah Kota Pekanbaru Dalam rangka peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke-237, DPRD Kota Pekanbaru gelar rapat paripurna kedelapan masa persidangan ketiga DPRD Kota Pekanbaru Tahun Sidang 2020/2021. Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani. Dalam kata sambutannya, Hamdani
menceritakan awal mula Kota Pekanbaru.”Nama Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama Senapelan yang saat itu dipimpin oleh seorang Kepala Suku disebut Batin.

Daerah ini terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru dan seiring waktu berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak,”katanya.

Politisi PKS ini juga berujar, perkembangan Senapelan sangaterat dengan Kerajaan Siak Sri Indra Pura. Semenjak Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah menetap di Senapelan, ia membangun Istana di Kampung Bukit dan diperkirakan Istana tersebut terletak di sekitar lokasi Mesjid Raya sekarang. Sultan kemudian berinisiatif membuat pekan atau pasar di Senapelan namun tidak berkembang.

Kemudian usaha yang dirintis tersebut dilanjutkan oleh putranya Raja Muda Muhammad Ali yang bergelar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah meskipun lokasi pasar bergeser di sekitar Pelabuhan Pekanbaru sekarang.

“Akhirnya menurut catatan yang dibuat oleh Imam Suhil Siak, Senapelan yang kemudian lebih popular disebut Pekanbaru resmi didirikan pada tanggal 21 Rajab hari Selasa tahun 1204 H bersamaan dengan
23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah dibawah pemerintahan Sultan Yahya yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru,”ujarnya.

Dalam rapat paripurna ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, Forkopimda, Ketua DPRD Pekanbaru periode 1999-2004 H Adrian Ali 1999-2004. etua DPRD Pekanbaru periode 2004-2009 H.M Teguh Pribadi 2004-2009. Ketua DPRD Pekanbaru periode 2014-2019 Syahril SH MH 2014-2019. Walikota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru juga turut hadir via zoom. (km1)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *