Sabtu , 27 November 2021

Dilantik,  Pengurus Mabiran, Kwarran, LPK dan DKR Gerakan Pramuka Binawidya masa bakti 2021-2024 

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)–  Setelah terbentuk pada tanggal 27 Maret 2021 yang lalu melalui Musyawarah Ranting (Musran) Gerakan Pramuka Tampan dan terbitnya Surat Keputusan (SK) Kwartir Cabang (Kwarcab) tentang kepengurusan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Binawidya masa bakti 2021-2024, Kwartir Ranting (Kwarran) Binawidya menyelenggarakan pelantikan Mabiran, Kwarran, LPK dan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarran Binawidya (DKR) pada Kamis, 24/06/2021 bertempat di SMK Farmasi Ikasari.

Menurut Ketua Kwarran Binawidya Irwan Yuliadi bahwa pelantikan ini merupakan pelantikan perdana dan ada tiga tahapan. Pertama, Ketua Kwarcab melantik Mabiran Binawidya, kedua, Camat selaku Ketua Mabiran Binawidya melantik Pengurus Kwarran dan LPK Binawidya, ketiga, Ketua Kwarran melantik Pengurus DKR Binawidya masa bakti 2021-2024. Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan Rapat Kerja Ranting Gerakan Pramuka Binawidya.

“Pelantikan ini merupakan peristiwa bersejarah bagi kami karena pelantikan perdana dilaksanakan di masa pandemi covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan, dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Riau dan Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru, mohon dukungan semua pihak, semoga kami dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya” kata Irwan.

Camat Binawidya selaku Ketua Mabiran Edi Suherman dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada Ketua Kwarda Riau dan Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru beserta rombongan dan pelantikan Majelis Pembimbing Ranting Kecamatan Binawidya berdasarkan SK Kwarcab Kota Pekanbaru nomor 21 tahun 2021.

“Untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda, khususnya di Kecamatan Binawidya, kami bersama pengurus Mabiran lainnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwarran Gerakan Pramuka Binawidya” kata Edi Suherman.

“Salah satu bukti yang sudah kami lakukan dalam membantu Kwarran adalah pelaksanaan musyawarah ranting Gerakan Pramuka Tampan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2021 yang lalu, melibatkan Kwarran pada kegiatan kecamatan, salah satunya adalah ikut membantu kegiatan vaksinasi melalui bus vaksin, menyediakan sekretariat Kwarran, dan saat ini membantu kegiatan pelantikan Mabiran, Kwarran, LPK dan DKR. Insya allah ini akan terus berlanjut” tambah beliau.

Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus yang telah dilantik. “Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka menyampaikan ucapan selamat kepada semua Kakak-kakak dan Adik-adik yang baru saja dilantik baik sebagai Mabi, Pengurus Ranting, LPK maupun sebagai DKR. Semoga dengan prosesi pelantikan ini akan semakin membawa kejayaan dan kemajuan bagi Gerakan Pramuka khususnya di Kecamatan Binawidya” kata beliau.

“Saya yakin dan percaya dengan dilantiknya Kakak-kakak tadi, saya yakin kejayaan Gerakan Pramuka di Kecamatan ini akan semakin ditingkatkan, karena memang dulu waktu Muscab tahun 2020 Ranting Tampan tergiat I dan pengurusnya masih yang sama, masih ada Kak Irwan Yuliadi disitu, saya yakin dan percaya kejayaan Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya akan lebih baik lagi” tambah beliau.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pengurus Kwarran Tampan atas dedikasi dan pengabdian Kakak-kakak yang telah diberikan selama ini, semoga menjadi amal baik bagi Kakak-kakak semua. Ranting Binawidya merupakan tindaklanjut dari pemekaran dan penataan Kecamatan di pengujung tahun 2020. Kecamatan Tampan dimekarkan menjadi dua yakni Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani” jelasnya.

“Ketika diamanahkan menjadi Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru, kami ingin memperbaiki perlahan bagaimana pembinaan kepramukaan di Kota Pekanbaru, makanya di Tahun 2021, kami memasukkan kegiatan pembinaan kepramukaan khusus bagi Ranting di 15 Kecamatan, adapun bentuk-bentuk kegiatan yang kita lakukan berupa Gladi Pimpinan Satuan untuk Dewan Ambalan, Dewan Racana, Pramuka Penegak dan Pandega, yang kedua, Kursus Manajemen Kwartir dan yang ketiga Pelatihan dan pelantikan bagi Pramuka Peduli” tambahnya.

Sementara Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan dukungan yang penuh terhadap Kwarran Binawidya. “Meskipun Kwarran Binawidya masih baru, namun kami yakin dengan semangat dan pengalaman Kakak-kakak yang baru dilantik, dapat melakukan pembinaan dan pengembangan dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya” kata beliau.

“Apalagi dukungan Ketua Majelis Pembimbing Ranting Binawidya serta jajarannya sangat tinggi dalam pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya” tambahnya.

Ketua Kwarda menambahkan pentingnya diaktifkan kegiatan Saka di Ranting seperti Saka Tarunabumi, Bakti Husada, Bhayangkara dan lainnya, apalagi di masa pandemi sekarang ini agar generasi muda mendapat pembinaan sehingga tercipta jiwa dan karakter yang kuat, mandiri dan mampu mengisi waktu yang luang dengan hal-hal yang positif.
“Tentunya pertemuan atau latihan Pramuka di tengah kondisi pandemi saat ini harus kreatif, inovatif dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sangat disiplin dan ketat dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kakak-kakak dan Adik-adik dalam pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka saat ini” jelas beliau.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat bertugas kepada Pengurus yang baru dilantik, dan kepada Mabiran agar membimbing dan membantu/mendukung baik moril maupun materil kepada Kwarran di wilayah Kecamatan Binawidya ini”. “Semoga amal bakti kita di Gerakan Pramuka senantiasa diridhoi oleh Allah SWT” ucap beliau.

Hadir pada saat acara, Anggota Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Harian Gerakan Pramuka Riau Prof. H. Soewardi MS, Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah, Wakil Ketua Kwarcab bidang pembinaan anggota muda Jacky Nurwandy, Wakil Ketua Kwarcab bidang organisasi dan hukum Linda Usmayati, Sekretaris Kwarcab Deny Rendra, Kepala Pusdiklatcab Kota Pekanbaru Yuherlis, Ketua Kwarran Sukajadi, Ketua Kwarran Kulim, Sekretaris Kwarran Tuah Madani, Wakil Ketua Kwarran Sail, Sekretaris Kwarran Pekanbaru Kota, Wakil Kepala SMK Farmasi Ikasari dan undangan lainnya.

Penulis : Irwan Yuliadi : Humas Kwarda Riau

Check Also

IKM Langgak Craft Raih Penghargaan Pada Malam Puncak Nothern Sumatera Forum 2021

PASIRPENGARAIAN (khabarmetro.com) –Industri Kecil Menengah (IKM) Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak memperoleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *