Jumat , 22 Oktober 2021

Bupati, Wabup dan Fokopimpda Ikuti Peringatan Harganas Ke XXVIII Via Virtual Dengan Wapres RI

PASIR PANGARAIAN (Khabarmetro.com)– Bupati H.Sukiman dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Indra Gunawaan, menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII tahun 2021, dibuka Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, di Pendopo Rumdis Bupati Rohul, Selasa (29/8/2021) pagi.

Juga hadir Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kajari Rohul diwakili Kasi Intel Ari Supandi SH MH, Kadis PPKB Rohul Drs Sariaman M.Si, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Ketua GOW Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Rohul Hj Neti Herawati Haris, serta pengurus PKK dan GOW Rohul.

Wapres Ma’ruf Amin dalam pidatonya mengaku, bahwa tema yang diusung tersebut yakni keluarga keren. Tema itu sangat tepat mengingat pemerintah sedang melakukan upaya dalam mengurangi prevalensi stunting.

Sebutnya, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peran sangat besar. Keluarga sehat mempunyai delapan fungsi yakni fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan keluarga.

“Keluarga jadi tempat dimana nilai-nilai agama diajarkan, dipraktekkan.Juga keluarga juga jadi tempat bagaimana nilai-nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orang tua kepada anaknya,” ungkap Wapres.

Keluarga yang disebut juga sebagai sekolah pertama atau madrasatul ula guna menyiapkan generasi yang akan datang. Jika keluarga berhasil menyiapkan generasi yang sehat berpendidikan dan berkarakter baik maka ada jaminan masa depan bangsa.

Juga pentingnya peran keluarga dalam melakukan penurunan stanting dengan target percepatan adalah 14 persen tahun 2024. Dirinya berharap, guna mencapai target agar BKKBN berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait dengan percepatan penurunan stunting ini.

“Karena perlukan kerjasama berbagai kementerian dan lembaga yang memiliki program, untuk kegiatan yang memang merupakan bagian dari tupoksinya tapi diperlukan untuk membantu percepatan penurunan prevalensi stunting ini,” ucapnya.

Sedangnan diakui Bupati Rohul H. Sukiman menegaskan, peringatan Harganas ke XXVIII tahun 2021 merupakan momentum menghidupkan kembali kesadaran bersama arti pentingnya keluarga dalam tatanan kehidupan social, terutama dalam penurunan Stunting.

Sikapi arahan Wapres melakukan penurunan stanting dengan target percepatan adalah 14 persen, Bupati Sukiman mengaku Pemkab Rohul Rohul komit dalam penurunan angka stunting di Negeri Seribu Suluk

“Sejak tahun 2018, angka prevalensi stunting di Rohul dari angka 27 persen turun jadi 18 persen.Artinya Pemkab Rohul akan turunkan 4 persen lagi sehingga jadi 14 persen itu sesuai dengan target dan standar Pemerintah,”.

“Dalampencegahan stunting, di peringatan Harganas ini jadi momentum yang baik dalam penurunan angka Stunting di Rohul. Apalagi dimasa pandemi ini peran serta tanggung jawab keluarga dalam memenuhi kebutuhan anak dalam mencegah stunting jadi lebih penting,” ucapnya

Sukiman juga akui, dalam pencegahan stunting, keluarga berperan dalam meningkatkan gizi anak, menyediakan makanan bergizi seimbang dan berkualitas, hingga memastikan diterapkannya pola asuh berkualitas dalam sebuah keluarga.(KM3)

Check Also

DPC AWI Kepulauan Meranti Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah

MERANTI (khabarmetro.com) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia (DPC-AWI) Kabupaten Kepulauan Meranti M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *