Rabu , 28 Februari 2024

Bupati Sukiman : Pembangunan Rokan Hulu secara Makro terus Mengalami Kemajuan

Rokan Hulu – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke 24 TAhun 2023, Pemerintah Kabupaten Rohul Melaksanakan Upacara di Halaman Kantor Bupati Rohul yang dipimpin secara langsung Oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Kamis (12/10/2023).
Hadir dalam Upacara tersebut, Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan, Forkopimda, Sekda Rokan Hulu Muhammad Zaki, S.STP, M.Si, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pejabat Eleson II Dilingkungan Pemda Rohul, Camat Se Rohul, Ketua MUI, Ketua LamR, pimpinan partai politik, tokoh adat, alim ulama, Ketua Organisasi Wanita, Pimpinan BUMN/BUMD, para kepala Desa se Kabupaten Rokan Hulu dan insan pers.


Selain itu tampak juga Bupati Rokan Hulu Periode 2006-2011 dan 2011 -2016 yang juga Anggota DPR RI DR. H. Achmad, M.Si, Pimpinan DPRD Provinsi Riau Saparudin Poti DPR RI, dan Pejabat Dari Kabupaten Lain di Riau yang turut merayakan hari jadi Rohul ke 24.
Mengawali sambutannya Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan sempena memperingati hari jadi ke-24 Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 dirinya mengajak kepada seluruh msyarakat untuk bersyukur kepada allah SWT, dan berterima kasih kepada pelaku sejarah serta orang yang telah berjasa dan berbuat yang terbaik sampai Kabupaten Rokan Hulu berusia 24 tahun.


“Saya mengajak mari kita jadikan momentum hari jadi Kabupaten Rokan Hulu yang ke-24 ini sebagai ajang refleksi, evaluasi dan koreksi untuk Kabupaten Rokan Hulu semakin eksis dan di disegani. lebih dari itu, momentum yang baik ini hendaknya dapat kita gunakan sebagai kesempatan untuk melaksanakan silaturrahmi, diskusi, dan saling isi mengisi, mencarikan solusi guna mewujudkan cita-cita bersama menjadikan Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju dan masyarakatnya yang semakin sejahtera” katanya.

 


Sukiman Menyampaikan bahwa Kabupaten Rokan Hulu adalah milik bersama seluruh Masyarakat, sekaligus menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk menjaga, memelihara dan memajukannya, baik masa lalu, kini maupun masa yang akan datang.
“sesuai kata bijak dalam agama kita ” tidak akan berubah nasib suatu kaum atau kelompok termasuk daerah, kecuali kaum, kelompok atau daerah itu yang berusaha untuk merubah nya”. untuk itu, maka hari jadi ke-24 Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 ini kita mengangkat tema, “bersatu, bangkit bersama untuk Rokan Hulu aman dan sejahtera”.” Ungkapnya.
Sukiman Juga Menegaskan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2022, pembangunan Kabupaten Rokan Hulu secara makro menunjukkan kemajuan terbukti dari beberapa indikator seperti Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020, hanya sebesar 1,52% meningkat menjadi 5,02% pada tahun 2022, atau mengalami kenaikan sebesar 3,53%, tingkat pengangguran terbuka di tahun 2020, sebesar 4,42% menurun pada tahun 2022 menjadi 3,62% atau kita berhasil menurunkan pengangguran terbuka sebesar 0,8%.

“Tingkat kemiskinan yang selalu menjadi sorotan masyarakat kita, pada tahun 2020 sebesar 10,31% berhasil diturunkan menjadi sebesar 9,95% atau 0,36%. kondisi ini sekaligus sebagai catatan sejarah angka kemiskinan Kabupaten Rokan Hulu setelah 23 tahun dapat di turunkan menjadi angka satu digit (dibawah angka 10%)” terangnya.
sementara itu, lanjut Sukiman sektor-sektor pembangunan baik dibidang pemerintahan maupun kemasyarakatan lainnya, tetap menunjukkan kemajuan, seperti dibidang sumber daya manusia, untuk menertibkan aparatur pemerintah dimana Kabupaten Rokan Hulu mempunyai 10.230 orang diantaranya PNS berjumlah 5.354 orang dan 4.876 adalah tenaga honorer, selama tiga tahun terakhir tenaga honor telah menjadi PPPK sebanyak 881 orang, sehingga tenaga honor Rohul masih tersisa 3.995 orang, yang akan memperebutkan formasi di tahun 2023 sebanyak 3.187 orang.

“ Dengan demikian masih ada sebanyak 808 orang, menunggu formasi CPNS dan PPPK secara terbuka atau umum. semoga peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh putra-putri Kabupaten Rokan Hulu” imbuhnya.

Meskipun saat ini, kita masih dihadapkan kepada pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19, terjadinya inflasi global akibat terjadinya perang rusia-ukraina dan pengaruh tahun politik yang sedang kita hadapi saat ini. namun kita masih bisa berbuat dan mengukir beberapa prestasi dalam pembangunan seperti WTP (wajar tanpa pengecualian) tujuh kali berturut-turut sejak tahun 2016 sampai tahun 2022.
“semua itu tentu hasil kerja kita bersama untuk dapat menjadi motivasi dan membangkitkan semangat untuk berbuat lebih baik dimasa yang akan datang” jelasnya.

kemudian, khusus pada hari jadi ke-24 Kabupaten Rokan Hulu tahun ini setelah beberapa tahun terakhir dibatasi oleh covid-19, maka pada perayaan tahun ini Pemkab Rohul melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sebagai bentuk syukur dan kegembiraan dalam merayakan hari jadi ke-24 Kabupaten Rokan Hulu ini.

“rangkaian kegiatan tersebut berupa Rohul EXPO sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku UMKM, untuk memberikan peluang, kesempatan dan tempat mempromosikan produk-produk mereka ke masyarakat luas yang berlangsung dari tanggal 9 Oktober sampai dengan 12 Oktober 2023. selanjutnya, melaksanakan upacara peringatan yang sedang kita laksanakan yang dirangkai nanti dengan tabligh akbar dan doa bersama dengan mengundang salah satu da’i kondang nasional al ustadz Das’ad Latif dari makasar serta acara hiburan rakyat yang kita khususkan untuk generasi muda dengan mendatangkan artis ibukota, Siti Badriah” tutupnya. (MC KOMINFO/ADE)

Check Also

Rebutkan Piala Bergilir, Sebanyak 120 Tim Mini Soccer Berlaga di PWI Rohul Cup II

ROKAN HULU-Sebanyak 120 tim Mini Soccer se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan berlaga dan memperebutkan juara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *