Rabu , 27 Oktober 2021

Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Kewirausahaan Manajemen koperasi PT. SPM dan KTH -TS

PEKANBARU – Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso membuka pelatihan kewirausahaan dan manajemen koperasi yang merupakan program kemitraan PT. Sekato Pratama Makmur (SPM) dan Koperasi Tani Hutan Tuah Sekato (KTH-TS) di hotel Fave Pekanbaru Sabtu, 12 Juni 2021. 

Bupati perempuan pertama di Riau ini mengajak perusahaan membangun kemitraan dengan inisiatif sosial dan lingkungan.

“Pihak swasta khususnya perusahaan yang berada dalam wilayah Kabupaten Bengkalis harus turut serta membangun kemitraan yang inklusif dan selaras dengan prinsip-prinsip sustainable development goal’s (SDG’S) dengan menghadirkan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan, salah satunya melalui pelatihan peningkatan kewirausahaan dan manajemen koperasi ini,” pungkasnya.

Artinya lanjut Kasmarni, perusahaan harus memiliki komitmen dan harus terus berupaya menghadirkan dampak positif keberadaannya bagi masyarakat dan lingkungan baik disekitar wilayah operasional maupun di daerah lainnya.

Guna mendukung cita-cita Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045 yang sejalan pula dengan Visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yakni mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera tahun 2021-2026, tentu tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah semata, namun sangat dibutuhkan peran pihak swasta.

“Salah satunya melalui pembangunan kemitraan dengan melakukan transisi kearah bisnis yang berkelanjutan,” ujar Kasmarni.

Maka dari itu, pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas terbangunnya hubungan kemitraan yang baik antara PT. Sekato Pratama dengan Koperasi Tani Hutan Tuah Sekato.

Namun perlu diingat kata Kasmarni, bahwa esensi kemitraan usaha dalam ekonomi itu sebenarnya terletak pada kontribusi dan manfaat bersama, baik tenaga kerja maupun benda yang keduanya semata-mata guna mencapai tujuan ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Camat Pinggir ini berpesan kepada Koperasi Tani Hutan Tuah Sekato selaku mitra perusahaan, agar dapat memberikan dukungan kepada perusahaan begitu juga sebaliknya.

“Tetap menjalankan prinsip-prinsip kemitraan yang saling membutuhkan, saling memperkuat dan saling menguntungkan,” sambungnya.

Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif, pengembangan sumber daya manusia masyarakat koperasi menjadi salah satu prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah. karena sektor ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

“Kami pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat fokus dan konsisten serta akan terus melakukan upaya menumbuh kembangkan koperasi dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat koperasi sehingga memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, cerdas dan handal serta siap kerja dalam mengelola serta mengembangkan koperasi,” tegas Kasmarni.

Oleh karena itu melalui pelatihan kewirausahaan dan manajemen koperasi dalam program kemitraan PT. Sekato Pratama Makmur dan Moperasi Tani Hutan Tuah Sekato ini, Kasmarni mengajak untuk dijadikan sebagai wahana bagi masyarakat koperasi dan pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja produktif serta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan dan pengembangan usaha.

“Kami berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat koperasi, sehingga masyarakat koperasi di Kabupaten Bengkalis khususnya koperasi tani hutan tuah sekato bisa menjadi lebih handal dan berkompeten guna membangun perekonomian menuju kehidupan masyarakat yang makin sejahtera dan berdikari melalui keberadaan koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri,” harap Kasmarni.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Direktur PT Sekato Pratama Makmur Joko Irwan Dono, Ketua Koperasi Tani Hutan Tuah Sekato Sarwani, Kadis Dagprin Indra Gunawan, Kepala Bapenda Supardi, Plt. Kepala Dinas Koperasi Nurminsyah, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Camat Bandar Laksmana Acil Esyno dan peserta Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Koperasi dan undangan lainnya. (Jel)

Check Also

Aklamasi, Jimmy Kurniawan Kembali Pimpin APSAI Pekanbaru

Pelantikan Pengurus, Dijadwalkan November 2021 Anggota dan Pengurus APSAI Kota Pekanbaru bersama Kadis P3APM Chairani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *