Jumat , 30 Juli 2021

Bupati Alfedri Panen Tapah dan Toman di Danau Zamrud

 

SIAK, (Khabarmetro.com)– Bupati Siak Alfedri lakukan Panen Raya Ikan Tapah,dan Ikan Toman kerambah milik Kelompok Tani Nelayan Hutan Taman Nasional Zamrud,di Kerambah Danau Bawah dan Danau Atas Kecamatan Sei Apit,Rabu(10/02/2021).

Bupati Siak Alfedri bersama Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau Suharyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hendrisan,Kadis Peternakan dan Perikanan Susilawati , Beberapa kepala Opd serta Camat Sei Apit ikut hadir dalam Panen Raya Ikan Kerambah milik Dua Kelompok Tani di daerah Danau Atas dan Danau Bawah yang terdiri dari Ikan Tapah kurang Lebih sebanyak 300 Kilogram, serta Ikan Toman Kurang lebih sebanyak 400 kilogram.

Dijelaskan Oleh Bupati Siak Alfedri,
Budidaya Ikan tersebut merupakan bantuan yang diberikan dari Dana yang di Kucurkan melalui BKSDA Tahun 2020,yakni per Kelompok Tani mendapatkan bibit ikan serta penunjang lainnya sekitar kurang lebih 30 Juta Rupiah untuk masing masing kelompok.hal tersebut bertujuan guna meningkatkan Ekonomi Masyarakat yang berada di Kawasan Danau Zamrud.

“Hari ini kami bersama Bapak Kepala Besar Konservasi Sumber daya alam Riau Haryono, Beberapa Pimpinan Opd serta Camat Sei Apit melakukan Panen Raya Budidaya Ikan Tapah, Ikan Baung dan Ikan Toman di Danau Bawah.tentunya ini yang kita lakukan di Dua Kelompok Tani yang berada di Kawasan Danau Zamrud, yaitu Kelompok Tani Nelayan Hutan Mekar Jaya dan Kelompok Tani Taman Nasional Zamrud yang berada di kawasan Danau Bawah dan Danau Atas.

Alfedri juga menambahkan,ia yakin dengan dilakukan nya panen Raya yang awalnya kurang lebih 8 hingga 9 Ons dari besar ikan untuk per Ekornya,kini bisa mencapai 2 Kilo lebih dalam Setahun per ekor nya.tentunya menurut Alfedri, hal tersebut juga merupakan berkat dari program Pemberdayaan ekonomi rakyat yang diperuntukkan bagi para Nelayan yang berada di sekitar Taman Nasional Danau Zamrud.

Selain itu,ia juga menjelaskan,Pada Saat ini sudah nampak dengan perolehan Hasil dari kegiatan Usaha pengembangan Ekonomi Masyarakat disekitar Danau Zamrud, sehingga ia berharap agar masyarakat juga selalu tetap melestarikan Kawasan Konservasi Taman Nasional Danau Zamrud dan memelihara maupun melestarikan nya.

“Kami juga berterima kasih Kepada BKSDA yang sebelumnya juga telah mendapatkan bantuan kerambah dari BRG.Insyaallah tahun ini juga akan mendapatkan dukungan dari BKSDA untuk pembelian Bibit dan keperluan lainnya serta Pemda juga akan membantu untuk bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah sini termasuk seperti sarana Penerangan, semoga harapan nya kepada Dua Kelompok Tani ini bisa untuk lebih kita perhatikan dimasa yang akan datang”,tutupnya. (fen)

Check Also

KPU Inhu Hibahkan APD Kepada Pemda Inhu

PEMATANGREBA (Khabarmetro.com)–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hibahkan Barang Milik Negara (BMN) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *