Minggu , 28 November 2021

Agus : Sengaja Melakukan Pembakaran Lahan, Dikenakan Sanksi Hukum

Iptu Agus Susanto SH

 

GAS, (Khabarmetro.com)– Panas terik dan angin kencang yang belakangan ini terjadi dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah baru yakni terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) baik yang tidak disengaja atau akibat puntung rokok maupun yang dilakukan oleh pemilik lahan untuk membersihkan lahan miliknya.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Kapolsek Gaung Anak Serka (GAS) jajaran Polres Indragiri Hilir Iptu Agus Susanto SH, berserta personilnya Bhabinkamtibmas dan unit Patroli,untuk terus menerus menyampaikan himbauan dan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polsek GAS khususnya, Selasa (9/3) siang.


Disamping melaksanakan penyampaian himbauan, Personil Polsek GAS juga menyampaikan pesan pesan kepada masyarakat agar sesegera mungkin melaporkan kepada Personil Polsek GAS jika mengetahui kejadian kebakaran ataupun orang yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan karena dapat dihukum berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Kapolres Indragiri Hilir​ AKBP Dian Setyawan SH SIK MHum melalui Kapolsek GAS Iptu​ Agus Susanto SH memaparkan bahwa kegiatan himbauan dan sosialisasi​ cegah Karhutla ini dilaksanakan, dalam rangka menjaga kelestarian alam dan menghindari bahaya kebakaran karena selain dapat merusak kesehatan Kebakaran juga dapat menimbulkan dampak berupa kerugian materil dan bahkan hilangnya nyawa manusia apalagi kebakaran tersebut tidak segera dikendalikan.

“Karhutla tidak hanya merugikan orang lain, bahkan pelaku pembakaran juga dikenakan sanksi hukum.karena kita tidak ingin masyarakat kita terjerat hukum,mari kita bersama-sama mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan di wilayah Kecamatan GAS.”imbuhnya.

Polsek GAS​ akan rutin melaksanakan sosialisasi cegah Karhutla untuk mencegah dan meminimalisir titik api,dalam penanganan titik api ini TNI,Porli dan Masyarakat Peduli Api (MPI) sentiasa bersinergi. (ujg)

Check Also

Pemkab Siak raih peringkat ke 4 Kabupaten terbaik Nasional.

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Siak, Rabu (24/11/2021), menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik ke IV tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *