Rabu , 8 Februari 2023

750 PPS se-Kabupaten Kampar Dilantik

BANGKINANG (KHABARMETRO.COM)- KPU Kabupaten Kampar melantik sebanyak 750 orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu Tahun 2024 se-Kabupaten Kampar, Selasa (24/01/2023).

Pps yang dilantik berasal dari 250 Desa/Kelurahan di Kabupaten Kampar dengan rincian sebanyak 522 laki-laki dan 228 perempuan.

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni usai acara pelantikan di lapangan pelajar, Kecamatan Bangkinang Kota mengatakan bahwa acara pelantikan dipusatkan di delapan titik lokasi mengingat jarak tempuh dan luas wilayah Kabupaten Kampar.

“Titik-titik pelantikan diantaranya Lapangan Pelajar Kec. Bangkinang Kota, Aula Kantor Camat Tapung, Aula Kantor Camat Tapung Hulu, Aula Kantor Camat Tapung Hilir, Aula Kantor Camat XIII Koto Kampar, Aula Kantor Camat Perhentian Raja, Aula Kantor Camat, Kampar Kiri Tengah, dan Aula Kantor Camat Kampar Kiri,” ujar Maria Aribeni.

Maria Aribeni mengucapkan selamat bertugas kepada Anggota PPS yang telah dilantik. Dia berharap bagi PPS yang dilantik dapat bekerja secara profesional, netral dan berintegritas. Terutama dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

“Selamat kami ucapkan kepada Anggota PPS yang telah dilantik, semoga bisa memberikan yang terbaik serta bisa mewujudkan Pemilu yang Luberjurdil dan berintegritas,”.

Bertindak sebagai pejabat yang melantik yaitunya Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni, Anggota KPU Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan, H. Sardalis, Muhibuddin Akhmad, dan Andi Putra.
[24/1 20.45] MT: Bappeda Kampar  Sosialisasikan Aplikasi SIPD-RI.

Bangkinang Kota : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Sosialisasi Aplikasi SIPD-RI Kemendagri Microservice, (Sistem Informasi Pemerintahan  Daerah),  bertempat di ruang rapat Muara Takus Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (24/1/2023). SIPD-RI ini berlaku untuk penyusunan perencanaan tahun 2024.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si yang diwakili Sekretaris Bappeda Kampar Yusdiyen Hadinata, S.Si, M.Si. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar  Yusdiyen Hadinata dalam paparannya menjelaskan tentang aplikasi SIPD-RI Kemendagri ini. SIPD RI (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) terdiri dari Informasi Pembangunan Daerah, Informasi Keuangan Daerah dan Informasi Pemerintahan Daerah lainnya.

Dijelaskan Yusdiyen bahwa SIPD  RI ini  tidak banyak yang berubah  dengan SIPD versi lama. Hanya saja ada beberapa pembaharuan atau perubahan,   diantaranya perubahan Level User dan Paswoord serta  perubahan lainnya seperti tampilan dan sebagainya.

Untuk Level User Lembaga/kelompok dan Individu yang sebelumnya  ada pada aplikasi SIPD yang lama, maka pada SIPD RI dihapus dan kewenangan itu pindah ke Perangkat Daerah atau Pokir DPRD. “Usulan Lembaga/kelompok dan individu   pindah  ke perangkat daerah  atau pokir,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan juga  Jadwal Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2024. Untuk saat ini 24-29 Januari 2023,   jadwal perencanaan masuk pada tahapan input  usulan Renja Perangkat Daerah  dan Entry Kamus  Usulan Aspirasi Masyarakat  dan Pokir/Reses.

Yusdiyen mengingatkan kepada peserta rapat  agar  aplikasi  SIPD RI menjadi atensi bersama. “Ini  harus menjadi atensi kita bersama,  dan sekarang  segera input  renja dan entri kamus usulan, ikuti jadwal perencanaan yang telah disusun itu,” ingat Yusdiyen.

Saat diskusi  ada  beberapa pertanyaan  yang disampaikan oleh peserta rapat dan ditanggapi secara  gamblang (jelas) oleh  pimpinan rapat.  Sosialisasi SIPD RI ini berjalan lancar dan sukses.  (Diskominfo Kampar /HJ).
[25/1 10.47] +62 812-7647-6057: 5.584 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 se Riau Dilantik Serentak

“Selamat dan tahniah kepada rekan-rekan PPS. Selamat Anda telah memilih bergabung dalam bagian tim besar ini,” ujar Ilham Muhammad Yasir, saat menghadiri pelantikan 552 anggota PPS di gedung Misran Rais, Kota Bagansiapi-api, Selasa (24/01).

Menurut Ilham, para anggota PPS merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam rangkaian kerja-kerja kolosal menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini. Sebanyak kurang lebih 5.584 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 1.862 Desa dan Kelurahan di 12 Kabupaten/Kota di Riau dilantik serentak secara resmi menjadi penyelenggara Pemilu 2024 pada hari ini, Selasa (24/01).

Ilham menjelaskan dari 5.586 orang anggota PPS yang dibutuhkan, yang dilantik baru 5.584 orang, sementara 2 orang lainnya PPS dari Kabupaten Indragiri Hulu posisinya belum terisi karena mengundurkan diri saat proses wawancara, yaitu 1 orang PPS Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan 1 Orang PPS Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap.

“Untuk posisi anggota PPS yang belum terisi di Kabupaten Indragiri Hulu, berdasarkan Surat Ketua KPU RI Nomor 63/PP.04-SD/04/2023 tanggal 17 Januari 2023 perihal Pemenuhan Kebutuhan PPS Pasca Perpanjangan Pendaftaran PPS Tahap II pada KPU/KIP Kabupaten/Kota bahwa pasca perpanjangan perpanjangan PPS Tahap II yang masih kurang dari 1 (satu) kali jumlah kebutuhan, KPU Kabupaten/Kota dapat melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, lembaga profesi untuk mendapatkan calon anggota PPS yang memenuhi persyaratan” jelas Ilham.

Sementara Ketua Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto melalui sambungan telepon dari Kabupaten Rokan Hulu menjelaskan bahwa minat perempuan cukup besar pada penyelenggara Pemilu di tingkat PPS ini.

“Dari data yang dilaporkan ke KPU Provinsi Riau dari 5.584 PPS terpilih dan telah dilantik, anggota PPS laki-laki lebih banyak dari pada perempuan yaitu3.651 orang atau sebanding dengan 65,38 %, sedangkan sisanya 1.933 orang atau 34,62 % merupakan perempuan,” ini menunjukkan bahwa minat perempuan untk menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat PPS cukup tinggi jelas Nugroho.

Nugroho juga menyampaikan terkait kekosongan 2 anggota PPS di Kabupaten Indragiri Hulu bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu untuk segera memproses pengisian posisi anggota PPS tersebut agar segera dilantik.

“Selaku pengampu Divisi SDM kami sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu agar segera memproses pengisian posisi anggota PPS yang kosong di Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan PPS Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap, agar dapat segera dilantik,” ujar Nugroho.

“Saya meminta kepada anggota PPS yang telah dilantik untuk bekerja dengan profesional. Tahapan Pemilu sudah berlangsung. Segera pahami regulasi dan koordinasi dengan para pihak untuk menyukseskan tahapan Pemilu di tingkat desa/kelurahan,” tutup Nugroho.

Check Also

Gubri Lepas Delegasi Riau ke Puncak Peringatan HPN di Medan

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Gubernur Riau, H Syamsuar melepas Delegasi Riau ke puncak peringatan ke-77 Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.