Minggu , 17 Oktober 2021

533 Nakes Tunda Vaksinasi Covid

 

 

PEKANBARU (khabarmetro.com)- Proses vaksinasi Covid-19 terus berlangsung di Kota Pekanbaru. Tahap pertama vaksinasi diberikan kepada para tenaga kesehatan (Nakes). Tahap ini ada sebanyak 5.510 Nakes di Pekanbaru menjadi penerima vaksin.

Data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, hingga Sabtu (23/1) sore, sebanyak 1.014 Nakes telah dilakukan penyuntikan vaksin. Jumlah tersebut dihimpun dari 18 Puskesmas, dan 9 rumah sakit.

”Sampai sore kemarin, sudah 1.014 tenaga kesehatan disuntik vaksin. Namun, ada juga tenaga kesehatan yang ditunda divaksin,” ungkap Sekretaris Diskes Pekanbaru , Ahad (24/1) siang.

Ia memaparkan, ada sebanyak 533 orang Nakes yang mengalami penundaan penyuntikan vaksin. Mereka mengalami penundaan disaat pemeriksaan kesehatan tidak lolos. Sebagian dari mereka ada yang mengalami tensi darah tidak normal, gula darah tidak normal, dan memiliki penyakit bawaan. Mereka mengalami penundaan hingga kondisi tubuh mereka dinyatakan stabil.

Para Nakes yang dilakukan penyuntikan vaksin jenis Sinovac ini merupakan mereka yang bertugas di Diskes, Puskesmas, rumah sakit pemerintah, dan rumah sakit swasta di Pekanbaru.

Ia mengungkapkan, untuk tahap awal pemerintah kota mendapat sebanyak 11.040 dosis vaksin jenis Sinovac dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Vaksin ini diprioritaskan dan diberikan kepada 10 tokoh masyarakat dan 5.510 Nakes.

Satu penerima vaksin bakal mendapat masing-masing dua dosis vaksin. Penyuntikan vaksin pertama mendapat satu dosis, dan menyusul 14 hari berikutnya satu dosis vaksin lagi. ”Kita targetkan untuk tahap awal nakes ini bisa selesai satu bulan,” ujarnya.

Zaini mengaku, sejauh ini belum ada keluhan terhadap penerima vaksin. Para penerima vaksin mengaku masih dalam keadaan baik.

Pemerintah kota juga menyiapkan dua rumah sakit rujukan, jika penerima vaksin memiliki indikasi lainnya pasca vaksinasi. Dua rumah sakit ini adalah, Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. (rpg)

Check Also

Luar Biasa, 650 Mahasiswa UT Berhasil Diwisuda

Bupati Afrizal Sintong Selesai Tepat Waktu Direktur UT Pekanbaru, Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT (tengah) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *