Sabtu , 18 Mei 2024


ROKAN HULU Dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau (KPID Riau) Award tahun 2023 dengan tema “Penyiaran Sehat , bermartabat untuk Riau bersatu” berlangsung meriah, yang bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit Gubernur Riau jl. Diponegoro Pekanbaru, Minggu (20/08/2023).

Gubernur Riau (Gubri) Drs. Syamsuar, M.Si dinobatkan sebagai Tokoh inspiratif Penyiaran pada KPID Riau Award Tahun 2023, Gubri dalam arahannya mengatakan Bahwa sesuai amanat UU No. 32 Tahun 2022 KPID adalah lembaga negara yang bersifat independen yang ada di pusat dan daerah, sebagai wujud peran serta masyarakat, yang berfungsi mewadahi aspirasi serta mewakili kepentingan masyarakat akan pentingnya penyiaran.

Gubri Syamsuar menympaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau memberikan Apresiasi kepada KPID Riau Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KPID bukan hanya mengawasi dan memberikan sanksi terhadap lembaga penyiaran yang melanggar pedoman perilaku standar penyiaran tapi juga memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran yang berkualitas.

 

“tujuannya agar kualitas siaran semakin baik serta memberikan semangat kepada lembaga penyiaran untuk menghasilkan karya karya yang terbaik” jelasnya.

Syamsuar menambahkan Anugerah Penyiaran / KPID Riau Award merupakan wujud kepedulian kepada lembaga penyiaran bersempena dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke 66, diharapkan agar siaran yang ditayangkan di Provinsi Riau benar-benar sehat dan aman demi menjaga marwah negeri Melayu Riau.

Momentum peralihan tekhnologi Televisi dari analog ke Digital telah berjalan dengan lancar, tentunya Gubri berharap semua masyarakat sudah bisa menikmati tv digital saat ini, dan sesuai amanat UU, TV nasional, stasiun TV jaringan memuat konten Penyiaran yang mewajibkan penayangan konten lokal sebanyak 10 persen.

“Ini merupakan hak masyarakat untuk menikmati siaran siaran lokal di daerahnya sendiri tidak hanya dari pusat saja” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPID Riau Falzan Surahman mengatakan KPID Award salah satu bentuk apresiasi kepada insan Radio dan TV di Riau

“Sesuai dengan Peraturan KPI No. 1 tahun 2012 pasal 5, tentang Reward atau apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Radio dan Televisi” katanya.

Falzan melanjutkan Pelaksanaan ini dalam rangka hari jadi Provinsi Riau ke 66 dan HUT RI ke 78 Dengan beberapa Kategori diantaranya, kategori Berita, Kategori Talkshow, Kategori Hiburan, Kategori Kebudayaan Melayu dan Kategori Ramah Anak.

“Karya yang masuk dari Lembaga Penyiaran Swasta maupun Pemerintahan Radio Dan TV, Se Riau sebanyak 58 karya untuk tv dan 87 untuk Radio dan KPID juga memberikan Award khusus seperti tokoh inspiratif yang diberikan kepada Gubernur Riau”Ungkapnya.

Lanjut Ketua KPID Riau, Semoga dengan KPID Award ini, era TV digital dapat memberikan motivasi bagi insan penyiaran agar mampu menyajikan konten siaran yang berkualitas, edukatif, memperkaya khasanah konten lokal Riau Serta memperkukuh integrasi nasional.

Pada malam puncak KPID Riau Award tahun 2023 LPPL Radio Swara Lima Luhak dinas Komunikasi dan Informatika Rokan Hulu menerima penghargaan dalam Kategori Ramah Anak yang mana penghargaan ini diterima oleh Bupati Rokan Hulu yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Rokan Hulu Muhammad Zaki SSTP, M.Si.

Sekda dalam Victory Speech-nya mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang telah di berikan kepada LPPL Radio Swara Lima Luhak pada Kategori Ramah Anak.

“Terima kasih pak gubernur, Terimakasih KPID atas Penghargaan, semoga radio Swara Lima Luhak bisa terus memberikan kontribusi dan bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Rokan hulu”ujarnya.

Turut hadir dari Rokan Hulu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rokan Hulu H. Syofwan, S.Sos, Kabid IKP Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si, dan Penyiar Radio LPPL Radio Swara Lima Luhak Ema Bhaktiar dan Ade Irma serta Koordinator Rohul TV.(KIM)

Check Also

Wakil Bupati Rohul.Jadikan MTQ mencetak Generasi Al Qur’an

7 ROKAN HULU- Malam Pembukaan Helatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 24 Tingkat Kabupaten Rokan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *